Saturday, January 5, 2008

ARTIKEL 5 MAHMUD JAUHARI ALI


Renungan Hari Anak Indonesia


Mahmud Jauhari Ali
BANJARMASIN POST

“Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”, demikianlah bunyi ayat kedua pasal 28 B Undang-Undang Dasar 1945. Sesuai dengan bunyi ayat kedua pasal 28 B tersebut anak-anak di Indonesia memunyai hak yang sama. Tidak ada perbedaan hak antara anak orang dari kelas okonomi bawah, menengah, dan anak orang dari kelas ekonomi atas. Semua anak di Indonesia merupakan generasi penerus bangsa ini dengan memiliki hak yang sama. Pada masa yang akan datang anak-anak pada masa kinilah yang membangun negara Indonesia. Jika pada masa yang akan datang anak-anak pada masa kini menjadi sumber daya manusia yang cerdas dan kompetitif, tentulah negara kita akan menjadi sebuah negara yang lebih maju daripada saat ini. Untuk mencapai hal itu diperlukan usaha yang serius agar anak-anak Indonesia pada masa kini menjadi manusia yang sukses pada masa yang akan datang. Sukses di sini maksudnya berhasil menjadi manusia dengan kecerdasan dan kemampuan berkompetisi yang tinggi dengan bangsa lain. Keberhasilan anak-anak saat ini di masa depan, tentu akan membawa bangsa Indonesia ke arah kemajuan. Artinya jika masa depan anak-anak Indonesia kini pada waktu yang akan datang baik, masa depan bangsa ini juga akan menjadi baik.
Sebagai orang yang peduli dengan masa depan bangsa ini, tentulah kita juga harus terlebih dahulu memperhatikan anak-anak Indonesia pada masa kini. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menumbuhkan rasa cinta mereka kepada bangsa Indonesia. Mereka harus mencintai bangsa Indonesia dengan sepenuh hati. Menumbuhkan rasa cinta mereka tersebut salah satunya dengan cara membiasakan mereka menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan, bahasa negara, dan bahasa pengantar dalam dunia pendidikan di negara kita. Penggunaan bahasa Indonesia oleh mereka merupakan bukti nyata bahwa mereka telah mencintai bangsa ini. Jika mereka telah mencintai bangsa ini, tentulah dalam diri mereka akan tumbuh semangat membangun bangsa Indonesia. Dengan semangat tersebut mereka akan belajar dengan sungguh-sungguh pula hingga menjadi sumber daya manusia yang cerdas dan kompetitif.
Selain dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia, bahasa Indonesia dapat digunakan anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan yang mereka perlukan. Dalam dunia pendidikan di sekolah, bahasa Indonesia bukan hanya dijadikan sebagai bahasa pengantar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Akan tetapi, bahasa Indonesia juga dipakai sebagai bahasa pengantar dalam setiap mata pelajaran di sekolah hingga di perguruan tinggi. Dengan penguasaan bahasa Indonesia, anak-anak Indonesia akan mudah mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka hingga pada masa yang akan datang.
Kita sekali lagi harus ingat bahwa kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang tergantung pada anak-anak di masa kini. Agar mereka dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul di masa yang akan datang, kita harus dengan sungguh-sungguh memperhatikan mereka. Mereka memerlukan dukungan dari kita. Dengan demikian, sudah saatnya kita sekarang memberikan perhatian yang serius kepada anak-anak kita agar mereka memiliki masa depan yang baik. Dengan masa depan mereka tersebut, masa depan bangsa ini juga akan baik. Sesuai paparan di atas, bahasa Indonesia dapat kita gunakan untuk mencapai masa depan anak dan masa depan bangsa kita menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment